Tokyo dalam 2 Pekan

Standar

Minggu, 3 Februari 2008, jam 19.00, Akhirnya sampai juga aku di Tokyo, setelah menempuh perjalanan seharian, dari Bandung – Jakarta – Tokyo. Japan Airlines (JAL ) membawa rombongan kami tiada henti dari Jakarta ke Tokyo. Aku bersyukur bisa ke Jepang lagi. Aku pertama kali berkunjung ke Jepang pada tahun 2006, namun waktu itu hanya sempat ke Nagoya,kota terbesar kedua mungkin di Jepang. Kini, aku tiba di kota terbesar dan ibukota Jepang, Tokyo. Hanya saja kali ini bukan untuk main, tapi ikut training yang diadakan oleh AOTS ( Association for Overseas Technical Scholarship ), untuk Pollution Control Manager, lumayan 2 minggu untuk mengenal dan menjelajah Tokyo,……… Semoga ada kesempatan.

Tokyo ( hari kedatangan ) – AOTS

Tokyo menyambutku dengan guyuran hujan dan salju. Alhamdulillah, barangkali ini keberuntunganku dan rombongan, karena sudah hampir dua tahun terakhir di Tokyo tidak turun salju, kata sopir bus dan Pak Kuswan dari Kedutaan Indonesia. Kami langsung istirahat di Tokyo Kenshu Centre (TKC), Gedung Diklat milik Pemerintah Jepang, tempatnya sangat representative, tiap orang dapat kamar, meski kecil, dengan osingle bed, namun fasilitasnya lengkap, ada internet, pemanas, kamar mandi dan WC di dalam, bisa disebut kamar hotel. Setelah makan malam, aku dan Awis coba keluar gedung, orientasi lapangan……….sambil mencoba kekuatan badan melawan dinginnya Tokyo (suhu saat itu mencapai 6 derajat celcius ). Ternyata stasiun MRT terdekat dari TKC adalah Kitasenju St, 5 menit jalan kaki. Ini penting, karena alat transportasi untuk kemana-mana di Tokyo yang paling enak adalah MRT. Satu hal yang membuat kami salut, rombongan kami hanya diurus oleh satu orang yaitu Oguchi San, dia yang menyambut, mengatur segala hal untuk kami, orangnya kecil, agak kaku di awal, namun setelah kenal nantinya ternyata lucu dan menyenangkan, sangat cekatan,…..sungguh sangat efisien dan efektif cara mereka bekerja.

Tokyo ( Hari ke 1 )

Acara pembukaan dimulai jam 9.00 on time, kita sih udah kumpul jam 8.55 karena diwanti -wanti oleh Oguchi san ( koordinator training ) untuk siap. Acara dibuka oleh Mr.Hidetaka Kawai (General Manager of Tokyo Kenshu Centre,AOTS ), serta diikuti sambutan selatan datang dari Mr. Shiro Noto (Deputy Director – Technical Cooperation Division, Trade and Economic Cooperation Bureau METI ), DR.Pudjiatmoko-Agriculture Attache –KBRI, Mr Hideo Jibiki-Advisor JETRO, dan Mr. Norohito Ono, Deputy Director, Center of Technologies, Deparatemen of Environmental Technologies JEMAI. Ono -san juga merangkap sebagai sensei sekaligus penyusun dan pengarah training IDEN ini. Setelah selesai sambutan, dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing peserta training, ada 29 orang, semuanya dari indonesia, 8 dari industri, 2 dari universitas, 3 dari asosiasi profesi/IATPI , 1 dari KADIN, sisanya dari pemda provinsi ( 4 orang ) dan kab/kota 7 orang). Nah ini yang oke dan ditunggu-tunggu, dibagi duit yen buat living cost dan uang saku dari AOTS, lumayan…..24.000 yen –lho, buat beli oleh-oleh….

Jadwal kuliah setiap harinya adalah jam 9.30 – 12.30 ( sesi 1 ) dan jam 13.30 – 16.30 ( sesi 2 ). Hari pertama kursus ini agak spesial, karena setelah jam sesi 2 beres dilanjutkan dengan penjelasan dari Oguchi- san mengenai pembagian tugas kelompok dan tentang alumni AOTS di seluruh dunia. Acara berakhir jam 17.20.

Meski lelah, tapi temen-temen sepakat selesai makan malam jam 18.30 kita keluar rame-rame, dipimpin pak Agus dan Pak Maman. Bener juga, begitu selesai sholat saya turun ke kantin, ternyata masing-masing sudah siap dengan setelan keluar, baju rangkap-jaket-kaos tangan-kupluk-tas gandong. Selesai makan, kami pergi keluar, tujuan pun akhirnya ke Akihabara, pusat elektronik terkenal di Jepang dan seantero dunia. Walaupun sebenarnya waktu sudah terlalu malam untuk kesana, karena toko-toko maksimal tutup jam 9 malam, bahkan ada yang jam 8 malam. Tapi tidak apalah, buat survey sekalian ngapalin jalan, kalo nanti libur ( sabtu dan minggu ) mau ke Akihabara. Kami naik train ( Hibiya Line ) tiketnya 190 yen, jarak tempuhnya 12 menit (ada 6 stasion yang dilewati ) dari Kitasenju St. – ke Akihabara St. Si Awis kasihan, tiba-tina sakit perut, jadi gagal ikut. Akhirnya kami Cuma ber delapan ( P. Agus, P Maman, Aku, Eva, Dhani, P Benson, bu Tri, bu Roslina ) ke Akihabara. Seperti diduga sampai ke ‘Akiba’ sebagian toko udah tutup, kami langsung ke Laox. Saya sempat cari-cari jam Levis atau ODM ternyata tidak ada, ada acara sale tapi merek-merek lainnya, kayak seiko, swatch, dsb. Aku tidak tertarik. Saya dan pak Agus ke lantai 7 lihat-lihat souvenir. Pas banget, kebetulan pesenannya tante Dini ada ( snow ball ), langsung beli 2 ( satunya 1500 yen). Ibu-ibu keasyikan lihat-lihat barang, sampai-sampai pintu depan toko tutup masih pada di dalam. Saya, pak Agus, p Maman nunggu pada keluar, ternyata keluarnya lewat jalan belakang. Orang Jepang memang taat waktu, kalau jam 9 tutup ya tutup, meskipun ada pembeli. Dengan jalur yang sama kita pulang ke Kitasenju st, terus jalan kaki ke AOTS, sampai kamar jam 10.00 malam, capek deh. Ingat ke Bandung, telepon sebentar, yang terima pas Aldin ( si bungsu) ………so sholat Isya. Sambil tunggu ngantuk buka-buka internet, …si ibu dan kakak kok tidak balas-balas email ya.

Oh ya, ternyata ada cerita lucu tadi :

Pertama : BU Eva dan Bu Roslina berhenti lama di tempat cek out tiket otomatis ( di St Akihabara ) mereka kira tiketnya akan keluar lagi, seperti waktu masukin cek in di St Kita Senju, kita yang dibelakang heran,waktu tahu ….saya bilang bu tiketnya tidak kembali di stasion akhir, terus saja, yang lainnya pada ketawa….dasar ndeso.

Kedua : Pak Benson, entah mengapa kesasar turun di stasion ( lupa namanya ), satu stasiun sebelum stasiun tujuan pulang ( Kitasenju ) melamun kali, buat masuk udah telat karena nutup otomatis cepat, jadi tunggu kereta berikutnya, ada-ada saja….

 

Next  :  Tokyo hari ke – 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s