Mau Bebas Asam Urat

Standar

Adik iparku ( tepatnya suami dari adik istriku ) adalah penderita asam urat, bahkan sudah tergolong berat. Benjolan benjolan cukup besar tampak tumbuh di bagian jari tangan, dan kakinya. Tidak tega saya melihatnya. Pengobatan kontinyu dilakukan, namun karena sudah amat berat, rasanya kok tidak ada kemajuan. Memang, awal sebab sakitnya, disamping dari faktor keturunan, yang utama rupanya dari pola makan. Kondisinya saat ini serba sulit, dokter menyarankan operasi untuk menghilangkan benjolan benjolan yang tumbuh, namun harus diturunkan dulu kadar asam uratnya, lha…menurunkan kadar uratnya ternyata juga tidak mudah, bahkan sudah berupaya bertahun – tahun ( sejak benjolan – benjolan belum tumbuh membesar seperti sekarang ). Masih untung, kondisi ginjal nya ternyata bagus. Melihat inilah, saya jadi begitu tertarik dengan yang namanya asam urat. Mencegah toh lebih baik, apalagi pola dan jenis makanan sekarang yang serba daging, serba instan, ditambah bertambahnya usia, tentu resiko terkena asam urat semakin tinggi. Saya mencoba mengumpulkan informasi dari beberapa sumber terkait dengan asam urat, semoga bermanfaat bagi diri saya dan pembaca lainnya.

( Catatan akhir : adik iparku telah meninggal 3 Juli 2011, sebelum meninggal dia dirawat dan akibat operasi aam urat, dan dosis obat yang tinggi, mengakibatkan kondisi nya semakin memburuk, Allah telah memberikan takdirnya, in memoriam Sendy )

APA ITU ASAM URAT ?

Asam urat adalah senyawa sukar larut dalam air yg merupakan hasil akhir metabolisme purin. Secara alamiah purin terdapat dalam tubuh kita dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup, yukni makanan dari tanaman (sayur, buah, kekacangan) atau hewan (daging, jeroan, ikan sarden). Juga dalam minuman beralkohol dan makanan kaleng.

Bagaimana cara mengukur kadar asam urat dalam darah ?

Dengan pemeriksaan darah di laboratorium klinik. Di laboratorium, darah dipisahkan antara sel darah dan serum darah. Pemeriksaan asam urat sendiri dilakukan terhadap serum darah. Kadar asam urat normal untuk pria dewasa berkisar 3,5-7,0 mg/dl dan untuk wanita 2,6-6,0 mg/dl. Apabila kadar asam diatas angka normal, kondisi ini disebut hiperurisemia.

Apakah penyebab terjadinya hiperurisemia?

Hiperurisemia terjadi karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam metabolisme atau penurunan ekskresi (pengeluaran) asam urat dari dalam tubuh melalui ginjal dalam bentuk urine

Secara umum, penyebab asam urat adalah terjadinya pemecahan sel terus menerus sehingga menghasilkan asam urat yang berlebihan. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Penyebab asam urat yang lain adalah metabolism tubuh yang kurang sempurna. Penyebab asam urat bisa juga dari kegagalan ginjal mengeluarkan asam urat tersebut melalui air seni. Secara tidak langsung, kondisi umum tubuh yang kurang baik juga dapat menjadi penyebab asam urat. Oleh karena itulah asam urat lebih banyak diderita orang yang berusia lanjut. Namun demikian tentu saja asam urat bisa terjadi pada usia yang lebih muda karena gaya hidup yang kurang sehat.

Meskipun penyebab asam urat dapat disimpulkan adalah karena terjadinya pemecahan sel secara terus menerus, penyakit asam urat termasuk penyakit yang penyebabnya tidak diketahui secara pasti secara klinis. Penyebab asam urat diduga berkaitan dengan faktor genetik dan faktor hormonal. Hal inilah yang menyebabkan ketidaknormalan metabolisme tubuh yang merupakan penyebab asam urat meningkat secara drastis. Namun demikian, efek kebalikan dari asam urat yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab asam urat. Pengeluaran asam urat secara berlebihan menyebabkan kadar sangat rendah dan memicu tubuh mengeluarkan kembali yang kadarnya bisa berlebihan dan menyebabkan asam urat tinggi.

Namun demikian, penyebab asam urat yang paling utama adalah makanan. Asam urat dapat meningkat dengan cepat antara lain disebabkan karena nutrisi. Konsumsi makanan dengan kadar purin tinggi adalah satunya. Purin adalah salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam inti sel yang jika bereaksi dapat meningkatkan asam urat dengan cepat. Penyebab asam urat sering diasumsikan berasal dari kondisi alami tubuh, padahal kondisi tubuh yang buruk utamanya terjadi karena pola makan yang salah. Oleh karena itu, untuk menghindari asam urat, anda harus mulai memperhatikan berbagai makanan penyebab asam urat untuk anda hindari.

Penyakit darah dapat juga menjadi penyebab asam urat. Penyakit sumsum tulang dan polisitemia, misalnya, bisa menjadi penyebab tingginya kadar asam dalam darah yang menjadi penyakit asam urat. Selain itu, obat-obatan seperti alkohol dalam obat, obat kanker, dan vitamin B12 pun juga bisa menjadi penyebab asam urat. Penyakit asam urat singkatnya adalah penyakit yang disebabkan tingginya kadar asam dalam darah. Oleh karena itu, orang dengan penyakit obesitas dan penyakit gula paling rentan terhadap penyakit ini.

Penyebab asam urat sangat beragam dan kesemuanya harus diwaspadai. oleh karena itu, kepedulian anda terhadap penyebab asam urat tersebut harus ditingkatkan. Gaya hidup sehat dan pola makan yang baik harus diterapkan untuk menghindari dan mencegah penyakit ini.

Apa akibatnya bila seseorang menderita hiperurisemia ?

Asam urat yang terkumulasi dalam jumlah besar di dalam darah akan memicu pembentukan kristal berbentuk jarum. Kristal-kristal itu biasanya terkonsentrasi pada sendi, terutama sendi perifer (jempol kaki atau tangan). Sendi2 tersebut biasanya menjadi bengkak, kaku, kemerahan, terasa panas, dan nyeri sekali. Hiperurisemia terkadang disertai komplikasi artritis gout (radang sendi).

Apa saja gejala artritis gout ( asam urat yang sudah parah )?

Tidak dapat berjalan atau memakai sepatu (bila menyerang kaki) dan tidur terganggu. Rasa nyeri mencapai puncaknya dalam 24 jam sejak pertama timbulnya gejala, dan akan hilang sama sekali setelah beberapa jam kemudian. Jika disertai hiperurisemia dan tidak segera ditangani akan berkembang menjadi artritis gout menahun.

Gejala asam urat sangat penting untuk dikenali karena penyakit ini sangat rentan terjadi kepada siapa saja. Asam urat adalah jenis penyakit yang sangat mengganggu bagi penderitanya karena menyebabkan nyeri di persendian yang bisa menyebabkan terhambatnya aktifitas. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali gejala asam urat agar tindakan pencegahan terhadap penyakit ini dapat segera dilakukan.

Gejala asam urat yang harus anda waspadai antara lain adalah meningkatnya kadar purin dalam tubuh baik yang berasal dari makanan dan yang berasal dari metabolisme. Gejala asam urat dapat dilihat juga dari segi fisik. Gejala asam urat pertama yang harus diwaspadai adalah munculnya nyeri yang hebat yang dirasakan penderita pada satu atau beberapa sendi. Hal ini dikarenakan asam urat yang berlebihan dalam tubuh menumpuk dalam persendian yang menyebabkan nyeri yang biasanya tidak tertahankan.

Gejala asam urat berupa nyeri pada persendian ini biasanya memburuk pada malam hari. Sendi yang mengandung asam urat tinggi akan membengkak dan melepuh jika kadar asam sudah sangat tinggi. Gejala asam urat ini tampak juga dari kulit di daerah persendian yang terasa nyeri tersebut. Kulit akan tampak merah bahkan dalam kondisi yang parah akan berubah menjadi merah keunguan. Gejala asam urat juga mudah dikenali dari peningkatan suhu di kulit yang terasa nyeri. Kulit akan terasa panas dan terlihat mengkilat serta mengencang. Jika tersentuh, bagian yang bengkak ini akan terasa sangat sakit.

Selain itu, gejala asam urat juga bisa terlihat dari keadaan tubuh tidak sehat seperti demam, menggigil, dan rasa tidak enak badan. Gejala asam urat lain seperti denyut jantung yang sangat cepat bisa juga terjadi. Gejala asam urat umumnya akan muncul pada usia pertengahan untuk pria, sedangkan pada wanita gejala asam urat akan mulai muncul setelah menopause. Serangan asam urat berupa gejala awal yang terasa pada persendian biasanya akan berlangsung selama beberapa hari dan kemudian menghilang sampai dengan serangan berikutnya. Gejala asam urat harus benar-benar diwaspadai untuk menghindari serangan asam urat yang lebih parah.

Sendi yang sering mengalami gangguan asam urat adalah sendi di bagian pangkal ibu jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan pergelangan tangan. Gejala asam urat berupa nyeri di persendian ini terjadi karena kristalisasi asam urat yang terbentuk dalam sendi-sendi perifer. Hal ini dikarenakan daerah persendian tersebut lebih dingin daripada di pusat tubuh. Dalam suhu yang dingin urat cenderung membeku. Gejala asam urat yang lain yang bisa terjadi akibat kristalisasi dalam persendian ini adalah rasa kesemutan yang sangat parah.

Selain itu, gejala asam urat juga bisa terlihat dari keadaan tubuh tidak sehat seperti demam, menggigil, dan rasa tidak enak badan. Gejala asam urat lain seperti denyut jantung yang sangat cepat bisa juga terjadi. Gejala asam urat umumnya akan muncul pada usia pertengahan untuk pria, sedangkan pada wanita gejala asam urat akan mulai muncul setelah menopause. Serangan asam urat berupa gejala awal yang terasa pada persendian biasanya akan berlangsung selama beberapa hari dan kemudian menghilang sampai dengan serangan berikutnya. Gejala asam urat harus benar-benar diwaspadai untuk menghindari serangan asam urat yang lebih parah.

APA SAJA OBAT UNTUK ASAM URAT ?

Obat asam urat telah berkembang baik dari formula medis maupun dari ramuan tradisional yang disempurnakan. Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. Jika asam urat sudah melebihi ambang normal dan penderita merasakan sakit yang amat parah maka penyakit asam urat ini sudah memasuki tingkatan lanjut yang disebut dengan gout. Asam urat termasuk dalam penyakit yang disebabkan oleh kurang stabilnya fungsi metabolisme dalam tubuh yang membuat asam urat menjadi sangat berlebihan menyebabkan ginjal tidak mampu mengeluarkan sisa asam urat yang sudah tidak terpakai dalam tubuh.

Ketika asam urat yang berlebihan tersebut tidak mampu diatasi oleh ginjal, maka asam urat ini menumpuk pada jaringan dan sendi menyebabkan nyeri yang sangat mengganggu. Obat asam urat akan dapat meredakan nyeri ini dengan membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah dan mengendalikan peradangan.

Obat asam urat lebih banyak yang diolah dari bahan alami karena bahan-bahan herbal terbukti dapat berkhasiat lebih baik.

Berikut adalah beberapa obat asam urat yang dapat anda gunakan dan aplikasikan untuk mengatasi asam urat.

1.Sirsak

Sirsak sebagai obat asam urat bisa menjadi solusi yang mudah dan akurat. Obat asam urat ini bisa dengan mudah ditemui dan pengolahannyapun sangat sederhana. Anda tinggal langsung mengkonsumsi sirsak secara langsung ataupun membuatnya sebagai jus. Sirsak sebagai obat asam urat bisa dikonsumsi setiap hari.

2.Daun salam

Obat asam urat ini bisa sudah sangat terkenal bisa meredakan asam urat dengan akurat. Anda tinggal merebus tujuh lembar daun dengan dua gelas air sampai airnya surut menjadi satu gelas saja. Obat asam urat ini bisa diminum setiap hari tiap pagi dan sore.

3.Labu Siam

Obat asam urat ini sangat mudah ditemui di pasar tradisional karena dikenal sebagai sayuran. Cara mengolah obat asam urat ini tidaklah sulit. And cukup memarut labu siam dan kemudian menyaringnya. Airnya dapat menjadi obat asam urat yang manjur jika diminum secara teratur.

4.Cuka Apel

Obat asam urat ini sudah dijual instant di pasaran sehingga memudahkan anda untuk menggunakannya. Anda tinggal menambahkan madu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dua sendok makan cuka apel ditambah 1 sendok madu kemudian dicampur air hangat sebanyak 50 cc dapat menjadi solusi untuk meredakan asam urat dengan cepat. Obat asam urat ini akan berkhasiat jika diminum secara rutin selama satu minggu setiap pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

5.Teripang

Di Pulau Langkawi, Malaysia, teripang sohor sebagai obat tradisional nyeri sendi akibat asam urat. Kepada Trubus, ahli nutrisi Walter Kee Mun Yee alumnus Wisconsin University mengatakan teripang mengandung kondroitin sulfat dan glukosamin.

Kondritin sulfat berperan memulihkan penyakit sendi. Sedangkan glukosaminoglikan merupakan zat antithrombogenik pelancar peredaran darah yang menggumpal. Pada penderita asam urat, jumlah glukosamin dan kondritin sedikit.

Riset Dr Mittchell Kurk dari Pusat Revitalisasi Biomedis, New York, Amerika Serikat, menunjukkan teripang berkhasiat meningkatkan kesehatan fisik bagi 70% penderita radang sendi akibat asam urat. Ini akibat glukosamin merangsang tubuh mensekresikan cairan sinovial untuk lubrikasi persendian. Menurut dr Zen Djaja MD, dokter di Malang, Jawa Timur, satwa anggota famili Holothuriidae itu mengandung asam lemak 12-MTA alias metthyltetradecanoic acid. ( http://obat-tradisional.net/obat/asam-urat.html )

6.Sidaguri (sida rhombifolia)

Sidaguri adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di tepi jalan, halaman berumput, hutan, sawah, dan tempat-tempat dengan sinar matahari langsung atau sedikit terlindung. Sidaguri mengandung alkaloid ephedrine, terutama pada bijinya, yang memiliki efek mendinginkan badan (anti demam), melancarkan pencernaan, menyusutkan jaringan (astringent), merangsang produksi air seni (diuretik) dan menguatkan stamina. Selain efektif untuk asam urat, sidaguri juga bermanfaat mengatasi hematuria, cystitis, kelemahan seksual dan kualitas sperma buruk.

Sidaguri mengandung senyawa aktif turunan benzofinon glikosida yang mampu menghambat pembentukan poxanthine. Poxanthine merupakan zat yang menyebakan asam urat. Selain senyawa tersebut masih ada senyawa aktif lain yang terkandung dalam sidaguri, di antaranya adalah alkaloid, kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino, steroid, efedrine dan minyak atsiri. Dengan adanya kandungan-kandungan senyawa tersebut. Dengan banyaknya senyawa-senyawa tersebut sidaguri pun memiliki banyak khasiat. Selain sebagai peluruh asam urat, secara empiris sidaguri juga bermanfaat untuk membantu melancarkan haid, mengobati bisul, kulit bernanah, eksim, merangsang enzim pencernaan, sembelit (susah buang air besar), melembutkan kulit, mengatasi influenza, demam, amandel difteri, tuberkulosis, radang usus, disentri, perut mulas, malaria, radang lambung, rematik, sakit gigi, sariawan dan cacingan. Bahkan di India sidaguri dipakai untuk mengatasi masalah kesuburan pada wanita. Namun, di sisi lain, sidaguri juga mempunyai efek yang mungkin tidak kita inginkan yakni dapat menyebabkan/ merangsang keguguran (abortivum). Sehingga bagi ibu hamil untuk berhati-hati mengkonsumsi sidaguri ini. Saat ini banyak dijual obat asam urat yang mengandung sidaguri dalam bentuk kapsul. Pastikan juga bahwa obat tradisional tersebut tidak tercampur dengan bahan-bahan kimia yang justru dapat membahayakan tubuh kita.

7.Legundi (vitex negundo)

Bunga dan daun Legundi adalah salah satu herbal yang sangat efektif mengendalikan rasa sakit dan inflamasi karena artritis dan sciatica. Pohon legundi adalah semak merayap dengan tajuk tidak beraturan, aromatik, dan tinggi 1-4 m. Pohon ini dapat dijumpai sebagai tanaman liar di daerah hutan jati, hutan sekunder, di tepi jalan dan pematang sawah dan berbunga pada bulan Januari – Desember.

8.Habbatussauda (nigella sativa

Habbatussauda atau jintan hitam telah digunakan lebih dari 2000 tahun oleh orang Yunani dan Timur Tengah untuk berbagai pengobatan. Efeknya yang anti radang sangat cocok untuk meredakan peradangan akibat asam urat. Selain itu, jintan hitam juga berkhasiat meredakan asma, flu dan alergi, mengurangi tekanan darah tinggi, mencegah batu empedu, mencegah kanker, dan banyak lainnya.

9.Salai guggul (boswellia serrata)

Tanaman ini banyak tumbuh di India dan Asia Selatan. Resin yang diambil dari pohon tanaman ini dimurnikan dan digunakan untuk mengatasi rasa sakit dan peradangan asam urat. Asam boswelik yang terdapat di dalamnya dikenal juga dapat mengurangi kolesterol dan melindungi hati terhadap bakteri endotoksin. Bagian non-asam dari ekstrak pohon salai guggul dapat menurunkan tekanan darah dan bersifat menenangkan.

10.Jahe Merah (zingiber officinale)

Jahe merah adalah herbal anti peradangan. Selain itu, jahe merah meningkatkan nafsu makan dan memperlancar sistem pencernaan dan pernafasan. Jahe merah membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.

11.Brotowali (tinospora cordifolia

Brotowali dinilai sebagai salah satu herbal utama peningkat sistem imun tubuh (immuno-modulator). Karena sifatnya tersebut, brotowali membuat tubuh lebih sehat terhadap penyakit dan lebih awet muda. Selain meringankan asam urat, brotowali juga bermanfaat mengatasi diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi dan menyehatkan organ-organ vital tubuh.

12.Teh Hijau

Teh hijau mengandung banyak polifenol yang bekerja sebagai antioksidan pencegah serangan asam urat. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat bagi penderita asam urat. Riset oleh universitas Michigan menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang mencegah produksi molekul penyebab inflamasi dan kerusakan sendi pada pasien asam urat. (http://majalahkesehatan.com/7-obat-alami-untuk-mengobati-asam-urat/ )

Obat asam urat pada dasarnya tidaklah sulit untuk didapatkan. Pengolahannyapun sangat sederhana dan tidak memerlukan waktu yang lama. Oleh karena itu tidak ada salahnya mencoba obat asam urat herbal tersebut sebagai solusi asam urat yang murah dan berkhasiat.

Dalam penelitian yang diikuti lebih dari 47.000 pria dari tahun 1986 s.d. 2006, diketahui bahwa vitamin C menurunkan risiko penyakit asam urat. Pria dengan asupan harian vitamin C sebesar 500-999 mg dan 1.000-1.499 mg masing-masing berisiko lebih rendah 17% dan 34% terkena penyakit asam urat dibandingkan pria yang mengkonsumsi vitamin C kurang dari 250 mg per hari. Mengingat manfaat kesehatan umum yang berkaitan dengan asupan vitamin C, khususnya dalam rentang konsumsi umum seperti dalam studi ini, asupan vitamin C dapat memberikan alternatif berguna dalam pencegahan penyakit asam urat,” kata pemimpin peneliti Dr. Hyon Choi dari Pusat Penelitian Artritis Kanada. Namun, para ahli memperingatkan bahwa gaya hidup sehat tetap yang paling penting dalam mencegah penyakit asam urat. “Tidak bijaksana bila Anda berpikir dapat mengimbangi makan dan minum berlebihan dengan banyak mengkonsumsi vitamin C,” kata Michael Snaith dari British Gout Society.

BAGAIMANA MEMBUAT OBAT ASAM URAT ( RAMUAN ) ?

http://bunda-abrar.blogspot.com/2009/05/obat-tradisional-asam-urat.html

Ramuan 1 : 200 gram ubi jalar merah, 5 butir kapulaga, 5 butir cenkeh, 1 butir biji pala, 1 ruas ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 10 butir merica, dan gula merah secukupnya direbus dengan 1 ½ liter air hingga tersisa ½ liter. Airnya diminum selagi hangat dan ubinya dapat dimakan.

Pemakaian : Konsumsi secara teratur 2 kali sehari

Ramuan 2 : 10 lembar daun salam direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc air, kemudian airnya diminum selagi hangat. Pemakaian : Konsumsi secara teratur 2 kali sehari Ramuan 3 : Takokak secukupnya dikonsumsi menurut selera, dan dilakukan secara teratur. Pemakaian : Konsumsi secara teratur 2 kali sehari Ramuan 4 : Buah leunca secukupnya dikonsumsi. Pemakaian : Konsumsi secara teratur 2 kali sehari Ramuan 5 : Rebus 1 sendok biji seledri dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air. Pemakaian : Minum sekaligus hangat-hangat. Lakukan 2-3 kali sehari, tergantung pada beratnya penyakit. Ramuan 6 : Cuci bersih 100 lembar daun kumis kucing segar, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air. Setelah dingin, saring. Pemakaian : Ramuan diminum sekaligus dan dilakukan pada pagi hari. Ramuan 7 : Cuci bersih 30 gram herba tempuyung segar. Lalu rebus dengan 3 gelas air bersih sampai hanya tersisa 1 gelas air. Pemakaian : Minum setelah dingin. Ramuan 8 : Cuci bersih 30 gram herba suruhan segar. Tumbuk halus, lalu peras. Pemakaian : Air perasan diminum sekaligus. Ramuan 9 : Belah 1 buah pare mentah segar, buang bijinya. Setelah itu, cuci bersih dan potong-potong, lalu rebus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu saring. Pemakaian : Minum sekaligus, satu kali sehari. Ramuan 10 : Cuci 5 lembar daun salam hingga bersih, lalu rebus dengan 5 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas. Pemakaian : Minum 3 kali sehari. Alternatif lainnya: # Sirsak dimakan begitu saja atau dijuice, dimakan/minum tiap hari # Daun salam 7 lembar direbus dengan dua gelas air, sampai tinggal 1 gelas, diminum pagi dan sore # Labu siam diparut kemudian disaring diambil airnya diminum tiap hari. # Cuka apel yang sudah jadi dan dicampur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2 sendok

makan cuka apel plus air hanagt -/ 50 cc dan diminum selama 1 minggu pagi bangun tidur dan kalo’ mau tidur malam

# Kentang mentah dan apel malang di juice

Bagaimana cara mencegah penyakit asam urat ?

Bagaimana cara mengurangi kadar asam urat dalam darah ?

Hindari atau batasi mengkonsumsi bahan makanan golongan tertentu. Batasi konsumsi lemak untuk mencegah kegemukan. !!!!!!!!!!

Asam urat seperti kita ketahui bersama adalah penyakit yang dapat diperparah dengan konsumsi beberapa makanan khususnya yang mengandung purin. Sumber purin dari makanan harus menjadi perhatian penting bagi penderita asam urat. Pantangan asam urat yang harus dihindari terutama makanan-makanan yang berkadar purin tinggi seperti hati, ginjal, sarden, daging sapi, dan alkohol.

Ada pula beberapa pantangan asam urat berupa makanan yang mengandung purin dalam kadar yang sedang. Pantangan asam urat ini boleh dikonsumsi sesekali karena jika terlalu sering juga akan dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh. Makanan yang mengandung purin dalam kadar sedang antara lain adalah daging sapi, daging ayam, dan daging bebek. Selain itu ada pula pantangan asam urat berpurin sedang yang berupa seafood. Seafood yang harus juga dihindari antara lain adalah udang, tiram, dan lobster.

Pantangan asam urat yang telah disebutkan di atas hendaknya dijadikan sebagai bahan pertimbangan diet. Pantangan asam urat berupa jeroan misalnya, harus mendapat perhatian khusus. Selain itu, pantangan asam urat berupa segala jenis makanan yang mengandung protein dan lemak tinggi juga harus dihindari. Hal ini dikarenakan, makanan yang mengandung protein dan lemak juga merupakan makanan penghasil purin. Namun demikian, makanan dengan kandungan protein dan lemak sangat penting bagi pemenuhan kebutuhan tubuh.

Makanan yang mengandung protein dan lemak tinggi sangat penting sebagai prekusor vitamin D, bahan pembentuk otak, jaringan saraf, tiroids, garam-garaman, dan membran sel yang sangat penting bagi tubuh. Untuk itu, pantangan asam urat ini tidak boleh ditinggalkan sama sekali tetapi konsumsinya harus dibatasi untuk mencegah tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Meskipun pantangan asam urat secara umum adalah makanan berlemak dan berprotein tinggi, tetapi ada banyak sayuran yang juga merupakan pantangan asam urat.

Pantangan asam urat berupa sayur antara lain adalah kembang kol, bayam, buncis, dan asparagus. Untuk menghindari meningkatnya kadar asam dalam tubuh, pantangan asam urat seperti daun singkong, daun papaya, dan kangkung harus dihindari. Untuk mendapatkan nutrisi purin yang aman, sebaiknya penderita asam urat lebih memilih mengkonsumsi makanan dengan purin yang rendah seperti makanan dari bahan susu, telur, sayur-sayuran yang tidak disebutkan, dan buah-buahan. Pantangan asam urat hendaknya tidak dihindari sama sekali. Penderita sebaiknya melakukan diet yang benar terhadap semua pantangan yang telah diulas dalam uraian ini.

NEWS

Dua peneliti dari AS dan Kanada telah meriset hubungan antara asupan minuman ringan berpemanis fruktosa dengan risiko penyakit asam urat. Mereka mengikuti lebih dari 46.000 pria berusia 40 tahun ke atas yang tidak memiliki riwayat penyakit asam urat. Para pria tersebut menyelesaikan kuesioner mengenai konsumsi lebih dari 130 makanan dan minuman, termasuk minuman ringan berpemanis fruktosa dan gula rendah kalori, selama periode 12 tahun. Berbagai jenis buah-buahan dan jus buah yang tinggi kadar fruktosa alaminya juga dinilai.

Fruktosa dan penyakit asam urat

Risiko penyakit asam urat meningkat seiring peningkatan asupan minuman ringan berpemanis fruktosa. Risiko itu meningkat signifikan pada tingkat asupan 5-6 porsi per minggu. Pria yang setiap hari mengkonsumsi dua atau lebih porsi minuman ringan berpemanis fruktosa berisiko 85% lebih tinggi terkena penyakit asam urat daripada mereka yang mengkonsumsi kurang dari satu porsi per bulan. Sebaliknya, minuman ringan bergula sintetis (diet soft drink) tidak berkaitan dengan risiko penyakit asam urat. Korelasi tersebut independen terhadap faktor risiko lain penyakit asam urat seperti indeks massa tubuh (BMI), umur, penggunaan diuretik, tekanan darah tinggi, konsumsi alkohol, dan faktor makanan.

Fruktosa adalah satu-satunya karbohidrat yang diketahui dapat menghambat pembuangan asam urat. Selain fruktosa pada minuman ringan, fruktosa pada buah seperti apel dan jeruk juga meningkatkan risiko penyakit asam urat. Namun, risiko tersebut diimbangi dengan manfaat lain dari buah dan sayuran sebagai antioksidan yang mencegah penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, stroke dan beberapa jenis kanker. Selain itu, vitamin C pada buah juga merangsang ginjal untuk membuang limbah asam urat.

Nah, bagi Anda yang berumur 40 tahun atau lebih, sebaiknya kurangilah minuman ringan yang manis. Teh, jahe atau kopi tawar tampaknya lebih menyehatkan untuk Anda. (http://www.dunia-ibu.org/artikel/kesehatan/obat-asam-urat-alami.html)

Nikmat apa yang suka diabaikan manusia ? Salah satunya adalah nikmat SEHAT. Marilah jaga kesehatan. Bersyukur lah atas nikmat sehat yang telah diberikan.

4 responses »

  1. Saya pria 56 tahun yang sudah menderita asam urat kronis (timbul benjolan di atas telapak kaki, jari kaki dan tangan) mengharapkan masukan untuk menghilangakan benjolan tersebut baik dengan operasi ataupun obat alami, terima kasih atas masukannya.

    • Sebelumnya saya mohon maaf, karena sy bukan dokter. Ini hanya berbagi informasi saja,, berdasarkan pengalaman adik ipar saya, yg kondisi awal mungkin seperti bapak. Langkah yang relatif aman memang dg pengobatan herbal. Namun biasanya butuh ketekunanan dan konsistensi, disini adik saya kurang tekun inginnya segera turun kadar asam uratnya, sehingga pakai obat dokter atau obat kimia, akibatnya ginjalnya agak terganggu. Untuk operasi, harus dipertimbnakan masak masak, perlu second opnion dr beberapa dokter, pengalamam adik saya operasi ternyata tetap tdk memuaskan hasilnya. Memang sebagian dpt dihilangkan benjolan di tangannya, namun timbul efek thd siku lengannya menjadi bengkak. Dan akibat dosis obat yg tinggi ginjalnya terkena shg timbul komplikasi. Saran saya carilah dokter yg terbuka dan bepengalaman bila ingin operasi dan lakukan second opinion dg dokter lainnya. Bila ingin mencoba, silahkan dengan pengobatan alami atau bekam, adik saya pernah ada hasilnya, namun karena pola mkannya tetap tidak berubah yah kumat dan tambah lagi benjolannya. Semoga sharing info ini bemanfaat.aamiin.

      • Terima kasih atas saran dan masukannya terkait dengan penderitaan benjolan akibat asam urat saya, masalahnya bahwa benjolan tadi sudah sangat mengganggu, seperti menggunakan sepatu harus yang minimal ukuran 45, sementara di pasaran sangat jarang dan bila ada masih juga belum tentu cukup. Pernah suatu hari saya ke RS PELNI dan siap untuk dioperasi ternyata dokter bedahpun tidak berani mengoperasi padahal semula saya pernah pula dioperasi dengan RS yang sama beberapa tahun sebelum nya dokternya saat ini sudah meninggal, waktu itu ketika baru ada keluhan benjolan di jari paling kecil sebelah kanan yang tumbuh benjolan menjadi jari terbesar, ternyata setelah dioperasi tumbuh lagi dan sekarang membesar. Saya disini tertarik untuk mencoba bekam dan dimana ya yang bagus untuk bekam. Tks atas semuanya.

  2. Untuk pengobatan Nabawi, salah satunya dg bekam, memang selayaknya di ikhtiarkan pak. Saat ini pengobatan bekam sudah berkembang, dan di tiap kota besar sudah ada, bapak coba cari di kota bapak? Saya pernah bertanya pada seorang pengobat bekam, utk asam urat memang memungkinkan dan cukup efektif, Insya Allah. Namun tetap pola makan yg benar hrs dijaga, ditambah bantuan pengobatan herbal, kita memang dituntut rutin dan telaten. Bekam mungkin dilakukan 2 minggu sekali, atau tergantung kondisi penderita. Biaya pun relatif murah, antara 35 sd 50 rb sekali bekam, tergantung jumlah titik bekamnya. Silahkan di cari pak segera di kota bapak? Semoga info ini bemanfaat. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s