Waspada Trigliserida

Standar

Sudah dua tahun terakhir hasil lab. saya menunjukkan kadar trigliserida tinggi, selalu di atas 200 mg/dl, meskipun yang lain – lainnya normal. Saran dokter adalah diet trigliserida, khususnya lemak dan karbohidrat serta harus olah raga teratur. Saran yang simpel, tapi sulit juga melaksanakannya, bayangkan harus mengurangi nasi, singkong, baso, padahal kalao tidak makan nasi perasaan lemes, apalagi kalau sudah ketemu sambal atau makan di warung padang, selalu tambuah porsinya. Tahun pertama memang dicoba untuk diet, tapi masih belang bentong, hasilnya pun akhirnya tahun kedua kadar trigliserida masih tetap tinggi. Setelah membaca berbagai referensi terkait trigliserida, terutama efeknya, takut dan khawatir juga akhirnya melihat potensi dampak akibat trigliserida yang tinggi tersebut, seperti serangan jantung, stroke atau diabetes, apalagi ayahku dulu meninggal karena jantung. Hasil bolak balik baca dan tanya, akar masalahnya ternyata POLA MAKAN, maka dengan niat akhirnya saya pun bermaksud mengubah pola makan, untuk berupaya menurunkan kadar trigliserida yang ada. Bismillahirohmannirohim, semoga berhasil. Aamiin.
Untuk berbagi pengetahuan, saya tampilkan berbagai tulisan yang pernah saya di internet, kebanyakan dari www. trigliserida.com, ditambah artikel lainnya. Semoga bermanfaat, khususnya bagi diri saya pribadi,

APA ITU TRIGLISERIDA ?
Trigliserida adalah salah satu ukuran medis seseorang sehat atau tidak, orang dengan trigliserida tinggi sudah dapat dikatakan tidak sehat (KONDISI BAHAYA). Trigliserid atau banyaknya lemak darah di tubuh akan banyak berakibat kurang baik. Yang namanya lemak identik dengan keburukan..bukan begitu ??

Orang sering dan bahkan kebanyakan membahas tentang kolesterol dan menganaktirikan trigliserida, padahal mereka itu seperti saudara sekandung. Keduanya baik kolesterol maupun trigliserida adalah ukuran lemak darah. Biasanya orang yang kolesterolnya tinggi atau LDLnya tinggi, trigliseridanya juga tinggi, meski itu tidak selalu terjadi, contohnya aku sendiri, meskipun total kolesterol dan LDLku tergolong tinggi tetapi trigliserida-ku masuk ukuran normal. Setelah bertahun-tahun dianaktirikan kini para periset menemukankadar trigliserida tinggi kemungkinan menjadi indicator bermakna untuk stroke dan penyakit jantung, berapapun total kolesterolnya.

Trigliserida merupakan salah satu fraksi lemak yang terdapat dalam makanan maupun darah kita. Orang kegemukan, trigliseridanya dalam bentuk “gajih” bisa berbobot puluhan bahkan ratusan kilogram, tetapi bagi orang kurus kelebihan trigliseridnya disimpan dalam darah alias hipertrigliseridemia.

Kelebihan trigliserida sama tinggi risikonya dengan kelebihan kolesterol. Sama-sama berisiko terhadap penyakit jantung koroner. Bedanya, kelebihan trigliserida bisa mengganggu kerja kelenjar ludah perut alias pankreas, sehingga bisa muncul keluhan nyeri ulu hati alias maag, karena lokasinya yang berdekatan. Jadi wajar jika keluhan ini diobati dengan obat maag tidak akan menyelesaikan masalah.

Apabila trigliserida tinggi, kurang olah raga, maka kelebihan trigliserida ini akan diubah menjadi kolesterol, baik LDL mapun HDL. Apakah akan menjadi LDL atau HDL, tergantung pada asam lemak yang dikandungnya. Bila kandungan lemak jenuh, maka akan diubah menjadi LDL, begitupun sebaliknya, bila kandungannya lemak tak jenuh akan diubah menjadi HDL.

Berapa sih kadar trigliserida? Ada beberapa kategori yang dijadikan acuan. Aku biasa memeriksakan lemak darah tiap akhir tahun, dua institusi yang berbeda mempunyai acuan angka yang berbeda. Meski tidak begitu signifikan menurutku. Namun secara umum kadar trigliserida digolongkan dalam kriteria : Ideal kurang dr ( 150 mg/dl ), Batas tinggi (150 – 199 mg/dl), Tinggi (200 – 499 mg/dl ), Sangat tinggi lebih dari 500 mg/dl

Apa pentingnya kita mengetahui kadar trigliserida kita dan menurunkannya? Ada tiga alasan:

– Studi terkini yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition menemukan, jika kadar trigliserida tinggi, maka kita berisiko dua sampai tiga kali lebih tinggi terkena penyakit jantung dan stroke, kendati kadar kolesterol kita rendah.
– Obat penurun trigliserida mempunyai efek samping serius. Itu sebabnya American Heart Association menganjurkan obat hanya dipertimbangkan sesudah tatalaksana alamiah untuk menurunkan kadar trigliserida gagal.
– Diet yang baik untuk menurunkan kadar trigliserida menunjukkan risiko stroke dan kematian mendadak cardiac sampai hampir separonya.

Untuk meminimalkan risiko secara total, usahakan untuk mendapatkan angka dibawah 150 mg/dl. Tetapi harap diingat, tingginya kadar trigliserida tidak datang tiba-tiba sehingga kalau berniat ataupun berusaha menurunkannya jangan berharap akan langsung turun drastic kecuali dengan obat-obatan, sehingga kita harus telaten, disiplin dan sabar untuk menjalani upaya penurunan trigliserida.

APA BAHAYA TRIGLISERIDA ?

Bahaya Trigliserida (Trigliserida tinggi) ini karena sifat lemak darah itu membuat saluran pembuluh darah menyempit, lemak dalam darah ini akan menggangu saluran peredaran darah, biasanya ada “gejala trigliserida tinngi” yang terasa, misal tekanan darah tinggi naik. Dan bukan berarti setiap tekanan darah naik itu merupakan “gejala/akibat trigliserida tinggi”. Ini adalah salah satu gejalanya saja. Darah adalah pusat peredaran makanan dan oksigen tubuh, maka jika darah kotor karena “trigliserid tinggi”, maka metabolisme tubuh akan terganggu.
Bahaya Trigliserida yang lain adalah dimasa tua, alias umur 50 ke atas. Bahaya itu misalnya serangan Impotensi bagi pria, bukankan ini bahaya..!!. Impotensi adalah penyakit yang hubunganya dengan darah, Maka jika darah ada “kadar trigliserida tinggi” maka menjadi masuk akal jika impotensi salah satu “akibat dari trigliserida tinggi”. Maka segera lakukan konsep “pantangan trigliserida” alias hindari makana berlemak, gorengan dan hindari jeroan atau ayam horn/boiler. Jeroan dan ayam pedaging (horn) adalah makanan yang mengandung lemak jahat. Karena jeroan adalah pusat pencernaan hewan..sehingga banyak toksin yang mengindap disana. Sedang ayam potong adalah sumber lemak jelek, karena ayam ini adalah haris rekayasa genetika (hormon pertumbuhan), lemaknya berbahaya bagi manusia.
Bahaya Trigliserida Tinggi bisa di hindari sejak awal, ingatkan anak dan keluarga anda untuk menjaga pola makan. Penyakit trigliserida tidak menutup kemungkinan akan seperti penyakit gula darah tinggi (diabetes) yang bisa menyerang di usia muda. Bukankah sudah banyak remaja yang terkena diabetes..?? Itu semua dari kebodohan seseorang karena tidak tau ilmu kesehatan. Anak muda kena diabetes maka orang tua juga perlu disalahkan, karena orang tua yang punya kontrol terhadap anak. Dalam Islam mempelajari ilmu kesehatan itu wajib setelah ilmu tauhid. Bahkan ada yang bilang separuh ilmu adalah ilmu tentang kesehatan.

BAGAIMANA MENGATASI TRIGLISERIDA TINGGI ?
Orang yang mencari OBAT TRIGLISERIDA adalah orang yang kelebihan makanan, kelebihan gizi dan tidak dapat manahan nafsu makan, atau orang yang tidak mengerti kesehatan. Mereka memakan apa saya yang mereka inginkan, bukan apa yang mereka butuhkan. Sehingga tau-tau trigliserida darah tinggi sewaktu di cek.

Mengatasi Trigliserida, yang pertama kali adalah obat mental anda dulu, karena penyakit trigliserida tinggi ini adalah penyakit mental. Yaitu mental yang lemah menahan nafsu makan. Di bawah ini ada beberapa Macam Obat Trigliserida

A. OBAT MENTAL
1. Nabi bersabda pengobatan ada 3 macam, minum madu, Bekam (Blood Cupping) dan kay, tapi aku melarang umatku menggunakan kay”. (Bukhori). Jadi terapi Bekam adalah obat trigliserida terbaik, tercepat, dan alami. Keberhasilan Bekam untuk penderita kadar lemak Trigliserida turun dalam 75% kasus.
2. Nabi Bersabda ” seburuk-buruk bagian binatang adalah kepala dan isi perut (jeroan)”. Maka hindari makan kepala dan jeroan, karena kadar lemak dan kolesterolnya 3 – 4x lipat lebih tinggi dari bagian lain.
3. Timbanglah makananmu, maka jika kita akan makan, kita harus tau makanan itu dari apa, bumbunya apa, pakai penyedap apa tidak, pakai pengembang apa tidak, dagingnya segar apa daging hasil pengawetan, atau masakan itu sudah dimasak lagi atau tidak. Karena kunci makanan sehat adalah makanan yang segar, yaitu tidak dimasak ulang, apalagi sampai 3 hari dimasak terus. Dalam riwayat dikatakan bahwa Nabi tidak suka makanan yang dimasak lagi.
4. Hindari makan daging berturut turut. Ada sebuah riwayat “jangan kau jadikan perutmu kuburan binatang”. Artinya jangan kita setiap hari makan daging (lemak). Tapi kita wajib dalam setiap bulanya makan daging.
5. Nabi bersabda ” Allah membenci seorang muslim yang gemuk badanya”. Baca itu berulang ulang, maka anda akan jadi malas makan enak. Dengan sendirinya Triglisedida tinggi akan menurun dengan otomatis.
6. Kurangi makanan yang digoreng, karena makanan penghuni surga itu tidak ada yang di goreng. Makanan surga itu serba alami, bebas minyak goreng. Ada yang bilang orang kena kanker itu obatnya yaitu meniru cara makan penghuni surga, yaitu 100 hari makan tanpa ada yang digoreng. kalaupun dengan api, itu hanya di panggang atau di goreng dengan memakai alas daun pisang, tanpa boleh memakai minyak goreng.
Demikian sekilas Obat Trigliserida, yaitu obat mental yang akan merubah cara pandang anda dalam makan.

B. DIET : TRIGLISERIDA

Bagian kedua adalah DIET. Diet penting, karena sebenarnya dapat dilakukan tanpa resiko pakai obat kimia. Hanya diperlukan kesabaran dan tahan godaan.

Beberapa hal yang dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah antara lain :
– Kelebihan berat badan lebih dari 20 % atau kegemukan.
– Kurang aktivitas fisik
– Merokok
– Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan
– Asupan karbohidrat sederhana berlebihan
– Beberapa penyakit seperti diabetes mellitus, penyakit ginjal dll.
– Beberapa jenis obat-obatan
– Faktor keturunan / genetik.

Tujuan Diet
* Menurunkan berat badan bila penderita terlalu gemuk dan mempertahankannya pada batas normal.
* Menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan mempertahankannya pada batas normal.

Syarat Diet
1. Energi sesuai kebutuhan
2. Protein cukup
3. Lemak sedang
4. Karbohidrat sedang
5. Serat tinggi, terutama serat larut air yang terdapat dalam apel, beras tumbuk atau beras merah
havermut dan kacang-kacangan
6. Vitamin dan mineral cukup.

BAGAIMAN CARA MEMILIH BAHAN MAKANAN

1. Bahan Makanan yang Dihindari :
* Sumber Hidrat Arang : kue dan roti-rotian seperti biscuit, krekers, pie, cake, dll.
* Sumber Protein Hewani : daging babi, jeroan, otak, sosis, sardine, kuning telur (3 butir / minggu),
susu whole, susu kental manis, krim, susu penuh, keju dan es krim.
* Buah : yang di awetkan dengan gula seperti buah kering dan buah kaleng, alpukat, durian.
* Sumber Lemak : minyak kelapa dan minyak kelapa sawit, mentega, margarine, kelapa, santan,
krim, lemak babi.

2. Bahan Makanan yang Dianjurkan :

* Sumber Hidrat Arang : beras, macaroni, kentang, ubi singkong dalam batas normal.
* Sumber Protein Hewani : ikan, unggas tanpa kulit, putih telur, susu skim.
* Sumber Protein Nabati : tempe, tahu, dan kacang-kacangan.
* Sayuran : semua sayuran segar, direbus, dikukus, disetup, ditumis minyak kedelai / minyak
jagung.
* Buah : semua buah segar dan dijus.
* Sumber Lemak : minyak jagung, kedelai, kacang tanah, bunga matahari dan wijen. Margarine
tanpa garam yang dibuat dari minyak jagung.

CONTOH MENU SEHARI ( tdk ada acara makan malam )

* Pagi :
o nasi
o ayam kampung panggang
o setup wortel, buncis
Pukul 16.00 :
o Jus pepaya

* Pukul 10.00 :
o Bubur kacang hijau

* Siang :
o nasi
o ikan bumbu bali
o pepes tahu
o sayur asem
o semangka
* Sore :
o nasi
o tim putih telur kampung
o tempe bumbu tomat
o ca kangkung (diitsehat.blogspot.com)

C. MENURUNKAN KADAR TRIGLISERIDA

Pola makan orang zaman dahulu berbeda dengan sekarang. Dulu orang itu makan dengan perbandingan 70 % Basa dan 30% asam. Tetapi sekarang berbalik, manusia di era modern makan 30% Basa dan 70% asam. Basa adalah makanan alami, tanpa diolah. sehingga mengandung alkali tinggi dan langsung di cerna oleh tubuh. Sedang asam adalah masakan olahan, masakan yang banyak proses pengolahan, sehingga tubuh akan berat mengolahnya, misal makanan instan.
Makanan penurun trigliserida adalah yang banyak mengandung sifat basa atau alami. Misal buah-buahan atau tanaman apapun yang bebas olahan. Dengan banyak makan buah dan makanan alami maka akan menjadi obat penurun trigliserida. Maka sejak sekarang coba ubah pola makan anda dari 70% asam itu ke arah 30% asam. Dengan itu tak terasa anda sudah menjalankan program penurun trigliseridasecara alami.
Bagi warga kota tentunya gaya hidup sangan mendukung munculnyatrigliserida tinggi, banyak restoran yang menyajikan makanan olahan beraaneka ragam. Maka anda harus pilih makanan yang segar, apalagi kalau ada kejadian masakan di masak berulang-ulang karena gak laku. Bukankan ada riwayat “Nabi tidak suka masakan yang dimasak lagi”. Hmm, ternyata makanan yang dimasak lagi jauh berbeda dengan makanan segar.
Jadi intinya makanan penurun trigliserida itu adalah makanan nabati, atau buah-buahan. Dalam Islam ketika mau makan ada sunnah “ambilah yang manis-manis dulu”. Maka sebelum makan kita harus konsumsi buah yang manis dulu. Karena sifat buah itu sangat mudah dicerna, cukup 10 menit zat manis buah akan diolah menjadi energi, sedang kalau makan nasi dan daging, maka akan butuh waktu 3 jam bagi lambung untuk menjadikannya energi. Jadi jangan lupa makan buah sebelum makan makanan berat, seperti nasi dan lauk.
Dalam Ilmu foodcombining, makanan itu berbeda bera proses cernanya di tubuh, ada yang cukup 10 menit (jenis makanan penurun trigliserida) dan ada yang lebih dari 3 jam yaitu jenis makanan dari pati, dan protein hewan, misal daging. Dan saya ingatkan lagi karenaTrigliserida adalah lemak dalam darah, maka hindari makanan yang lemaknya hasil rekayasa, misal lemak ayam potong, lele, atau ikan ternak dan babi.
Untuk menurunkan trigliserid ini tidak cukup dengan mengurangi konsumsi lemak tetapi juga karbohidrat, terutama karbohidrat sederhana dari tepung dan gula yang biasa dikenal sebagai highglycemic carbohydrates (karbohidrat jahat). Menurut dr. Andy Hartono dalam intisari Mind Body & Soul volume 4 tahun 2009,

Ada 11 cara menurunkan kadar trigliserid:

1. Mengurangi berat badan. Ukuran berat badan ideal masa kini menggunakan formula BMI (body mass index). Cara menghitungnya dengan membagi berat badan (kg) dengan tinggi badan (M) pangkat 2. Kategori normal bila BMI 18,5 – 24, kurus bila BMI dibawah 18,5 gemuk bila BMI 25-29 dan obesitas bila BMI diatas 30.
2. Mengendalikan kadar gula darah. Tak cukup tes urine saja untuk yang berisiko diabetes. Pemeriksaan kadar ketone darah dapat dilakukan dari urine dengan kertas (ketostix), namun sekarang bisa dilakukan sendiri dengan glucometer. Tanda-tanda gula darah rendah bisa berakhir dengan rasa berkunang-kunang, penglihatan gelap, berkeringat dingin, lalu jatuh pingsan, hal ini bisa dicegah dengan selalu siap permen disaku atau gula merah (oleh orang tua kita jaman dulu)
3. Membiasakan diri olah raga ringan dan konsisten. Cukup 30 menit sehari, tidak perlu harus 1 sampai 2 jam dengan keringat bercucuran. Hal ini tidak ada gunanya kalau dilakukan hanya sesaat dan berhenti, bahkan bisa terjadi overtrain, bila tidak terbiasa berolah raga sebelumnya.
4. Berhenti merokok. Radikal bebas dalam asap rokok disamping tidak baik bagi paru-paru juga berpotensi merusak metabolisme tubuh dan aliran darah yang akan menaikkan kadar gula darah serta trigliserid.
5. Mengurangi makanan manis. Kadar fruktosa yang tinggi dalam makanan manis akan menaikkan kadar trigliserid.
6. Mengurangi makanan pokok kaya karbohidrat seperti nasi, roti halus dan mi. sumber karbohidrat ini bisa digantikan dengan jagung, umbi-umbian, havermut dan kentang rebus, terutama saat makan malam.
7. Mengurangi makanan yang mengandung banyak tepung. Mengurangi camilan gorengan yang mengandung tepung bisa menaikkan kadar trigliserid.
8. Menambahkan manakan berserat tinggi dan kaya pati resisten. Pati resisten akan mengurangi penyerapan gula dan minyak yang dikonsumsi berlebih.
9. Mengurangi konsumsi lemak jenuh dengan cara mengganti protein hewani dengan protein nabati seperti tahu, tempe dan sari kedelai.
10 Tidak minum alkohol dan kopi. Konsumsi alkohol dan kopi berlebih akan meningkatkan kadar trigliserid
11 Mengelola stress dengan baik melalui kegiatan spiritual seperti berdo’a, beramal, meditasi dan kontemplasi atau berwisata ketempat-tempat yang alamnya masih tidak banyak polusi, hijau, tenang, dan damai.
12. Kunci terakhir yang tidak kalah penting adalah selalu berpikir positif dan berperasaan positif. Orang yang tidak hanya berpikir positif tetapi juga berperasaan positif akan selalu bahagia dan terhindar dari stress yang berkepanjangan dan tidak mudah tergoda oleh lingkungan yang tidak kondusif untuk menciptakan kebahagiaan.

D. PENGOBATAN PENURUN TRIGLISERIDA

Orang banyak mencari info tentang “obat menurunkan trigliserida, obat penurun trigliserida, obat tradisional trigliserida” di internet. Memang 60% orang barat juga gitu, mereka bertanya Google dulu sebelum berobat ke dokter. Ya memang Google menyediakan segala info kesehatan terbaru, aktual dan yang penting adalah kebanyakan infonya dari testimoni atau pengalaman pribadi seseorang, misal orang yang kena trigliserida tinggi dan berhasil menurunkanya, ataupun orang dengan trigliserida tinggi tetapi tetap tinggi juga karena cara “pengobatan/mengobati trigliserida” itu salah.

Sebenarnya TRIGLISERIDA itu dapat turun tanpa “Obat penurun Trigliserida”. Obatnya adalah pantang makan. Ya pantang makana yang mengandung lemak tinggi, lemak yang sulit di cerna oleh tubuh sehingga mengendap dalam darah. Lemak jelek tersebut semua berasal dari makanan, maka pantang makan adalah “OBAT TRADISIONAL/ALAMI TRIGLISERIDA”, bukan begitu..?? Cukup sederhana bukan. Mengatur pola makan adalah obat utama trigliserida tinggi. Saya sempat ketemu pasien seorang yang kaya, tetapi dia sanggup menjaga makanya, dan saya pun ketemu pasien yang kaya, tetapi dia sangat sulit menjaga makanannya.

Maka 2 pasien tersebut yang pertama kolesterol dan trigliseridadapat terjaga, sedang pasien kedua kadar trigliserida dan asam uratnya tetap hingga darahnya di Tolak PMI. Salah satu syarat darah yang diterima donor darah oleh PMI adalah darah dengan “kadar trigliserida” yang normal. Maka setiap ketemu pasien, yang pertama adalah saya sadarkan pemikiranya bahwa “semua penyakit berasal dari makanan”. Barang siapa berhati-hati dalam makan dan menjaga, menimbang makanannya maka dialah yang selamat. Percuma kaya, tapi sakit-sakitan.

Obat trigliserida (penurun trigliserida) berikutnya adalah terapi Cupping Blood / Hijamah atau BEKAM . Ini adalah “pengobatan trigliserida” yang cepat dan murah. Dengan metode Hijamah/Cupping Blood ini darah yang kotor dikeluarkan. Keajaiban terapi ini adalah darah yang keluar 93–>97 % darah kotor. Darah yang mengandung toksin saja. Saya pernah melakukan “pengobatan/mengobati trigliserida” tinggi pada pasien, orangnya gemuk. Beliau ditolak 5x oleh PMI ketika mau donor karena cek “Trigliserid Tinggi”. Alhamdulillah ketemu saya dan langsung melakukan terapi “pengobatan trigiserida” itu.

Jadi poin utama anda bisa “mengobati trigliserida” anda sendiri dengan pola melakukan “pantangan trigliserida” alias melakukan (PANTANGAN MAKAN). Itu obat yang pertama. Selanjutnya bisa dilakukan terapi Cupping Blood ini.

SALAM SEHAT

23 responses »

  1. ass,,,,maf mas mw saring, bb saya normal tg 160/bb 49,umur baru 33. pola makan jg sudah saya atur,setiap makan ayam kulit saya buang, daging merah sangat jarang termasuk makanan siap saji,cuma memang punya kebiasaan teh manis klo pagi ma kopi susu klo tidak nafsu makan.

    Tp swaktu iseng* tes lab saya sangat terkejut TG saya sangat tinggi 497, saya bingung dan takut kenapa bisa begitu??? gimana nuruninya mas,,,,
    Tapi stelah baca tulisan ini sedikit terbuka, mulai besok teh manis tidak ada lagi… Trimaksih atas tulisanya,,,,

    • Syukur kalau bermanfaat. Memang berat badan dan usia bukan jaminan untuk kadar trigliserida, faktor pola makan lebih dominan. Kalau masih ingin menikmati teh manis yang sedap, coba cara saya mas. Saya kalau pagi minum shake hernalife, kadang teh manis ( tidak makan yang lain ), siang baru makan nasi atau apa saja, tapi malam tidak makan lagi ( cuma buah atau shake herbalife lagi ), saya shaum senin kamis, dan jangan lupa olah raga teratur ( saya jogging 1/2 sd 1 jam ) 3 kali semimggu, plus pengobatan bekam sebulan sekali ( hasilnya cukup signifikan ). Mungkin info ini dapat membantu.

    • Lebih tepat sebaiknya ditanyakan khusus ke dokter atau ahli nutrisi. Tapi, setahu yang saya baca dan alami, tdk ada pantangan minum air kelapa. Air kelapa secara nutrisi banyak mengandung mineral, yg justru dibutuhkan oleh tubuh, bukan mengandung asam lemak jenuh atau karbohidrat yg membuat kadar trigliserida bertambah. Yg disarankan utk dikonsumsi adalah minyak dari kelapa.

    • Tinggi sekali ya. Waktu itu saya mencapai 600 an, oleh dokter disarankan pakai obat dulu, baru dilakukan diet, merubah pola makan. Dg obat memang tejadi penurunan rlatif cepat dlm waktu sebulan, setelah itu saya rutin bekam sebulan sekali, dan menjaganpola makan, spt mengurangi karbohidrat dsb. Semoga bemanfaat.

  2. selamat pagi..
    saya seorang ibu dgn dua orang anak, 158/50kg usia 30 th. triglisida saya cenderung tinggi, taun lalu 350, bulan maret kmaren pas saya hamil 550. dokter kandungan pertama saya menyarankan diet rendah lemak n rendah karbo. stelah saya melahirkan juni kmaren dokter kandungan yang lain menyarankan saya ga usa pantang makanan karena saya menyusui full asi. saya belum ngelab lagi. bagaimana menurut saran anda. terimakasih.

    • Ini sharing bu, karena dokter lebih kompeten, atau ibu bisa minta opini dari dokter ketiga. Pandangan saya, karena ibu sedang menyusui, lebih baik melakukan pengaturan asupan makanan saja. Makanan penyebab trigliserida tinggi dikurangi asupannya, ganti dengan buah buahan, disisi lain bisa konsultasi dengan ahli pengobatan bekam. Hindari minum obat obatan baik kimia maupun herbal utk penurun trigliserida. Intinya asupan makanan yg membuat trigliserida naik, dikurangi dan diganti dengan buah buahan. Semoga bermanfaat

  3. Mau tanya mas saya tgl 18 september lab dengan hasil coletrol total 250 dan trigleserida 455 setelah itu saya diet rendab karbo dengan makan queket oat pagi dan Sore sedangkan siang saya makan nasi tapi porsinya sedikit dan saya juga. Konsumsi jus wartel dan bawang putih selain itu saya tiap hari lari dan jalan kaki sekitar 30 menit saya juga berhenti merokok dan minun nutritive benecol sehati 1 botol kemudian tgl 1 oktober saya lab lagi di tempat yang sama dg hasi colestrol total 186 dan trigleserida 102 yanv saya tanyakan apa mungkin dalam wsktu 2 minggu trigleserida ssya turun 353 atau sekitar 77%.

    • Dahsyat mas. Upaya nya dapat dicontoh nih. Rasanya wjib bersyukur, dapat menemukan pola makan, pola aktivitas, yang mampu menurunkan triglisrida dalam tempo relatif cepat.Saya tidak dapat menjawb pasti apakah mungkin atau tidak, toh bukti hasil ada…kalau masih ragu, coba cek saja di lab yang lain. Namundr beberapa artikel yang saya baca, kemungkinan tersebut ada, karena sistem metabolisme tiap orang scara spesifik belum tentu sama persis. Terimakasih, telah sharing. Lanjutkan dan jaga.

  4. Mas.gmn klo trigliserida saya mencapai 992. Waktu liat hasilnya sempet shock .tp dukungan dr keluarga luar biasa.pdhl saya bs dibilang kurus.150cm/43kg.knp ya gejalanya tdk mulai terasa pd saat mulai trigid naek?

    • Wah, angkanya fantastis juga ya. Kadar trigliserida memang tidak kenal kurus dan gemuk, karena tergantung dari asupan makanan, dan sistem metabolisme tubuh. Yang penting, sudah dapat indikatornya untuk waspada ( kalau masih ragu/penasaran uji di lab lainnya sebagai pembanding ). Gejala tiap orang katanya memang berbeda, karena respon tubuhnya tidak sama. Yang penting, mulai saat ini coba untuk pola makan yang benar. Ditambah shaum/puasa ( kalau yg Islam, Senin – Kamis, karena Insya Allah bisa sebagai detoxifikasi, dan penyembuh ), disamping upaya lain ( ke dokter, bekam, dsb ), apalagi dukungan keluarga luar biasa. Salam sehat.

  5. Assalamu’alaikum pak, suami saya trigliseridnya tinggi 550, tapi dia tidak percaya sama diet2, dia bilang sudah diet kurangi kalori dan nasi, dan puasa tpi masih tinggi, dia mau coba hubungi bapak menanyakan kebenarannya soal diet dan apakah benar2 bisa turun, karna dia mau mengkonsumsi fibret, ika mau menghubungi via telp, bisa saya minta no.telp bapak atau alamat email bapak, terima kasih banyak pak, wassalamu’alaikum wrwb

    • Waalaikumsalam bu. Utk suami ibu memang akan sulit turun dg diet biasa.mengingat kadar trigliserida yg tinggi. Sebaiknya ke dokter dulu utk menurunkan kadarnya. Biasanya diberi Lipitor. Dlm 1-2 bulan turun cukup cepat. Jika sdh turun. Baru lakukan diet dan ubah pola makannya. Insya Allah. Upaya ini lebih mudah.

  6. 20 Januari 2015 aku priksa ke dokte Tg 477 dan asam urat 8,4 padahal 2 minggu sebelumnya aku dh konsumsi obat “paten lagi” tp ga turun gimana ya???? kalo minum jus bawang putih boleh ga di kasi sedikit gula???

  7. suami saya sering pusing kepalanya, katanya seperti berputar2, jadi bulan puasa kemarin cek lab, ternyata trigliserida nya tinggi ( saya lupa pastinya berapa )jadi diberikan obat oleh dokter diminum selama 1bulan, semalam suami saya mengalami pusing seperti berputar2 yg lumayan lama sampai perutnya ikut mual, saya sampai tidak tega melihatnya, apakah ini salah satu tanda karna trigliseridanya tinggi ? setelah obat dari dokter habis belum ada cek lab kembali, suami saya termasuk susah disuruh mengurangi makan nasi, berat suami saya 85kg dgn tinggi badan 170cm … mungkin bisa kasih saran, makasih

    • Saran saya. Coba ke dokter lain utk dpt opini lain dan bawa obat yg sdh diminum, takutnya suami ibu sensitif thd obat tertentu. Biasanya obat penurun trigliserida dr dokter efeknya cepat menurunkan trigliserida dan efek sampingnya tdk ada utk yg normal.
      Prinsip utk menurunkan TG adalah merubah atau memperbaiki pola makan.Salah satunya memang mengurangi nasi. Cobalah utk shaum senin kamis bagi yg muslim. Cepat sembuh ya bu.

  8. Selamat malam pak.. Saya perempuan berbadan gemuk (berat sekitar 80kg) usia 32 thn, saya sempat melakukan cek darah hasilnya trigliserida sy sangat tinggi sampe 1000 ( smp dokter bilang pemecah rekor), gula darah smp diatas 300. Saya sempat diopname seminggu lebih. Setelah keluar dari rumah sakit (sekitar 3 hari) saya rutin minum obat penurun kolesterol dan obat gula, saya juga menghindari gula, mengurangi konsumsi nasi, banyak minum air putih, kemudian saya cek darah kembali Alhamdulillah trigliserida saya turun drastis menjadi 169 dan gula darah total 141. Semoga kita bisa menjaga kesehatan dengan hidup sehat, semangat!!

    • Terimakasih sharing nya bu. Semoga upaya ibu menjadi motivasi bagi yang lain. Niat dan keyakinan kuat utk sehat, memperbaiki pola hidup dan makan menjadi kunci utama. Sukses sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s