From Bandung to BROMO – 3 (sesi Batu Malang)

Standar

Wisata Batu Malang  ( Taman Lampion di BNS yang cantik )

Masih Sabtu,19 Oktober 2013. Pasca makan siang di Batu Malang, rombongan  menuju kawasan wisata  Coban Rondo ( Air Terjun Randa/Janda ).  Lokasi wisata  ini berada di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari Kota Batu Malang hanya ditempuh sekitar 30 menit pakai mobil. IMG_0485

Sekedar info : Coban Rondo terletak pada ketinggian 1135 m di atas permukaan laut. Air terjun ini memiliki ketinggian 84 meter dengan debit air berkisar antara 90 liter per detik pada musim kemarau sampai dengan 150 liter per detik pada musim penghujan. Coban Rondo sebenarnya merupakan bagian dari kelompok air terjun bertingkat (dimulai dengan air terjun kembar bernama Coban Manten, yang bergabung menjadi satu dinamakan Coban Dudo, dan kemudian mengalir ke bawah dengan nama Coban Rondo). Legenda tentang Air Terjun ini, ( kenapa dinamakan air terjun janda, dapat dibaca pada papan info masuk ke lokasi air terjun, sempatkan membaca kalau kesini lho )

Tempat wisata nya tertata baik, banyak fasilitas dan kegiatan yang ditawarkan, ada flying fox, paint ball, naik ban di sungai. Namun kami hanya menikmati air terjunnya sebentar, tidak terlalu istimewa soalnya, seperti beberapa air terjun biasa yang sering kita jumpai.

Menjelang malam ( bakda magrib ) kami meneruskan wisata ke BNS ( Batu Night Spectaculer ), Suasana di BNS memang ramai pengunjung yang ingin menikmati wisata malam hari, mencoba beberapa wahana permainan, pertunjukan,maupun melihat lampion lampion cantik dan menarik di kawasan ini. Untuk masuk BNS tiket week end, kalau tidak salah 15 ribu/orang, untuk mencoba berbagai wahana yang ada kita mesti bayar lagi di dalam,tapi tidak mahal kok, berkisar  10 ribuan. Saya dan Aldin,mencoba naik Ontang Anting ( kursi putar ), Aldin menikmati balap gokar. Rombongan lain, istirahat sambil menyaksikan pertunjukan laser dan bioskop atap, hanya saying pertunjukan lasernya kurang menarik terasa hambar, apalagi yang sudah pernah melihat pertunjukan laser di Senayan City atau Song of the Sea. Si kakak ngajak ke taman lampion, nah ini baru aneh dan menarik ……. berbagai lampion raksasa, dalam berbagai bentuk dan wujud ( ada istana, kereta, boneka, dsb ) ditata sangat baik. Tempat ini terasa pas untuk berfoto ria. Sayang baterei kamera kami habis, jadi ambil fotonya pakai hape Aldin, dan hasilnya pastilah…tidak bagus. Sayang memang. ( Taman ini wajib dikunjungi lho, kalau kesini ).

Wisata Batu Malang  ( Salut untuk Eco Green Park )

IMG_0710Minggu, 20 Oktober 2013. Setelah sarapan pagi di hotel, sekaligus check out, rombongan kami menuju kawasan wisata Eco Green Park. Oh ya kami menginap di el Malang Hotel, hotelnya relatif baru, dengan konsep bangunan sekarang yaitu minimalis. Kamarnya bersih, nyaman, dan lega. Kota Batu Malang memang mirip kota Lembang di Bandung, berada pada ketinggian 700 – 1200 dpl, udara masih relatif sejuk, dan banyak tempat wisata. Eco Green Park, kami pilih karena setelah mendengarkan penjelasan dari guide tentang Eco Green Park, Jatim Park I, dan Jatim Park II, dan mengingat waktu kunjungan hanya sampai jam 12 ( karena harus ke Bandara ), serta beragamnya usia rombongan, EGP ini rasanya paling cocok. EGP terletak di Jalan Oro – oro, Batu Malang, satu tempat dengan Jawa Timur Park 2.. Benar saja, kami sangat terkesan berada di dalamnya, apalagi anak anak. Kawasan wisata ini benar benar IMG_0523menampilkan konsep wisata yang menyenangkan, ditata dengan apik, memberikan edukasi lingkungan yang tidak membosankan, dan pengunjung digiring secara jelas dari satu tempat dengan konsep dan pertunjukan tertentu ke konsep lain yang membuat penasaran  dan terasa berkesan saat meninggalkannya. Bagi yang merasa berat berjalan kaki, disediakan persewaan kendaraan listrik ( 100 ribu/3jam ), bentuknya mirip sepeda anak.  Disini, kita dapat melihat satwa langka dan bagus, miniatur candi candi terkenal ( Prambanan,dsb), Aneka Burung dan Bebek, Aneka Tanaman Pemangsa, Rumah IMG_0637Terbalik, Wahana Geologi ( simulator gempa, simulator dingin, penambangan batubara, dsb ), Bioskop 4D ( cerita tentang Hanoman vs Rahwana dg isu Lingkungan hidup ), Kumpulan insectarium dan kupu kupu, ada wahana lukisan foto 3 dimensi, dan Jungle Adventure, dimana kita diajakIMG_0539 naik mobil listrik ( bentuknya mobil kuno ), berpetualang di area hutan buatan, dan diberikan IMG_0586pestol mainan untuk menembak pemburu – pemburu dan penebang pohon liar yang akan merusak hutan dan satwanya. Senang dan betah lah pokoknya  kalau bawa keluarga kemari. Tiket masuk pun relatif murah sekali, 30 ribu ( Senin – Kamis ) dan 40 ribu ( Jumat – Minggu ) . Anak- anak tak henti – hentinya ingin di foto di setiap sudut dan  tempat. So, Salut buat Eco Green Park.

Makan siang terakhir di Malang cukup istimewa, yaitu di Lesehan Warung IMG_0537Bambu, yang terletak di Jalan Pacet, Bumiaji, Batu, atau seberang hotel Purnama Batu. Masakannya enak, khasnya olahan ikan bakar dan goreng kata pelayannya, suasananya adem, dengan kolam yang berisi ikan – ikan koi besar di bawahnya, dan airnya sangat sejuk (dari mata air ), sangat terasa ketika berwudlu.

IMG_0700IMG_0694

Sebelum meninggalkan Batu – Malang, kami mampir dulu ke perkebunan apel, diIMG_0761 desa Bumiaji, yaah ada yang nostalgia, sambil melihat kondisi terkini wisata agro petik apel yang dulu sangat terkenal di Malang. Kondisi saat ini memang cukup memprihatinkan, hanya beberapa pelancong yang berminat ke kebun apel petik sendiri tersebut. Mungkin karena, sekarang lebih banyak obyek wisata yang lebih menarik di Malang. Atau karena apel di kebun tinggal yang kecil kecil, karena yang besar sudah dapat dengan mudah dibeli di toko oleh oleh dengan harga yang tidak berbeda. Perjalanan ke bandara dengan waktu tempuh 2 jam, kami gunakan untuk beristirahat. ( ehh….masih mampir, ibu – ibu pada beli oleh – oleh lagi, jus apel dan kripik apel, nambah bagasi katanya ).

Baca Juga

Mampir Madura

Amazing Bromo

One response »

  1. Ping-balik: From Bandung to BROMO – 2 (Amazing Bromo) | ekodamasbox

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s