TEMPAT MAKAN DAN KULINER KHAS PEKANBARU

Standar

INFO KULINER TRADISIONAL dan TEMPAT MAKAN DI PEKANBARU

( maaf sebagian ambil dari berbagai sumber )

 

Ada berbagai macam kuliner yang khas di Pekanbaru, serta banyak tempat makan yang menyediakan makanan khas Pekanbaru, diantaranya yaitu :

 

  1. Gulai Ikan Patin

Kuliner ini merupakan kuliner yang wajib Anda coba ketika datang ke Pekanbaru.  Masakan dengan bahan utama ikan Patin ini banyak dicari wisatawan yang datang ke kota Pekanbaru. Menu ini sangat cocok dimakan saat masih hangat.  Warung-warung makan yang menyajikan gulai Patin ini dapat ditemui di Kota Pekanbaru pada siang hari pukul 11.00-14.00 dan malam hari dari pukul 19.00 sampai pukul 21.00. Rumah makan yang terkenal meyediakan menu ini adalah RM. Pondok Patin HM. Yunus ( Jl. KH Nasution 1, Simpang Tiga ) dan Pondok Gurih ( Jalan Jendral Sudirman 202 )

 

  1. Ikan Baung

Ikan Baung adalah jenis ikan air tawar yang banyak diternakkan di Pekanbaru. Tekstur daging ikan yang padat namun lembut terasa sangat pas dipadukan dengan bumbu asam pedas yang menggugah selera. Rasa gurih, pedas, dan asam menjadi satu masakan yang lezat yang harus dicoba. Beberapa rumah makan khas melayu menyediakan menu ini, namun bila ingin yang pasti ada, coba di RM. Pondok Gurih, atau Warung Mak Cuik  yang berlokasi di Pelabuhan Caltex Lama, Ujung Jalan Sembilang, Rumbai. Warung dengan bangunan sederhana ini merupakan tsalah satu tempat tujuan wisata kuliner terkenal di Pekanbaru ( tapi datangnya  tidak boleh terlalu siang, suka habis ), atau di Pondok Asam Pedas Baung ( depan rumah sakit Awal Bross )

 

  1. Sate Ikan Sinapelan

Sate dengan bahan utama ikan Patin ini merupakan kuliner khas Pekanbaru yang sangat disayangkan jika terlewatkan. Sesuai namanya, sate ini berasal dari daerah sinapelan ( kali ya ).

 

  1.  Roti Jala

Roti Jala ialah roti yang tidak pada umumnya. Ciri khas roti ini ialah jika pada umumnya roti berisi cokelat, pisang, susu, atau keju. Maka roti jala merupakan roti dengan kuah kari kambing dan acar nanas. Makanan ini bisa ditemui di beberapa rumah makan khas melayu.

 

5. Kedai Kopi Teng

Namanya memang kedai kopi, tetapi jangan salah, tempat ini menyediakan berbagai menu makanan yang lezat, mulai dari menu sederhana seperti roti bakar, roti canai, mie keeling.  hingga makanan berat. Harga yang ditawarkan di kedai ini sangat terjangkau. Misalnya, satu porsi mie keeling hanya dihargai Rp 12 ribu saja. Kedai ini ramai pada saat jam sarapan. Kabarnya para pejabat di Riau juga sering menyambangi kedai ini. Lokasi nya di Pasar Bawah Sinapelan.

 

6. Sate Padeh

Sate ini mirip sate (satai) padang biasa. Namun  yang ini lebih pedas. Kuahnya saja sampai berwarna oranye khas cabai rawit. Lokasinya di Jalan Delima, Pekanbaru. Katanya, saking larisnya, sate ini tidak bakal ‘masih tersedia’ jika Anda datang terlalu malam. Jadi sebaiknya ke tempat ini sore hari. Harganya sekitar Rp 10 ribu saja.

 

 7. Pancake Durian dan Lempuk Durian

Makanan ini menjadi salah satu oleh-oleh paling populer dari Pekanbaru. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh keluarga atau teman kantor. Salah satu tempat yang paling terkenal adalah Leola Pancake Durian. Sebenarnya makanan khas ini sangat mudah ditemui di Pekanbaru. Anda bisa menemukannya hampir di semua pusat oleh-oleh atau kafe-kafe yang ada di kota itu.

Lempuk Durian adalah salah satu Jenis Makanan Khas dari Riau yang terbuat dari Durian, lempuk ini berbentuk seperti dodol. Selain di Riau,lempuk juga dapat dijumpai di daerah lain di Sumatera. Siapa yang tak kenal dengan lempuk durian, “Makanan Khas Riau” ini berasal dari Kabupaten Bengkalis, bahkan lempuk sudai menjadi ikon Bengkalis, jika kita berkunjung ke Bengkalis kurang lengkapnya jikanya tidak membeli buah tangan Lempuk Durian. Lempuk Durian banyak dijual di Pasar Bawah, dan pusat oleh oleh,dengan bebagai varian kualitas dan harga.

 

8. Durian Pekanbaru

Durian Pekanbaru menjadi salah satu kuliner yang patut dicoba di Kota Pekanbaru. Durian di daerah ini ukurannya tidak terlalu besar tetapi rasanya bersaing dengan durian monthong. Yang unik jika Anda mencicipi durian Pekanbaru akan disajikan bersama pulut atau ketan putih dengan taburan kelapa parut yang dapat menambah kelezatan dari durian Pekanbaru.

 

9. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo adalah makanan khas Pekanbaru, yang dipopulerkan kembali oleh ibu Dinawati yaitu pada tahun 1998. Kue ini dapat diperoleh di tiap toko oleh- oleh.

 

11. Asidah

Kue ini namanya Asidah, teksturnya lembut dan rasanya manis perpaduan rempah spt cengkeh, kayu manis dan daun pandan. yg anehnya kue ini dimakan pake bawang goreng. kue ini bisa dibentuk sesuka hati. Kue ini sudah jarang diperoleh, bahkan di beberapa toko oleh – oleh tidak ada yang menjualnya.

 

12. Kue Bangkit

Diberi nama kue bangkit karena ukuran dari kue ini setelah matang dan dikeluarkan dari oven akan berukuran dua kali lipat dari ukuran adonan semula. Warna kue bangkit ini putih kekuningan dan kadang dipercantik dengan diberi noktah berwarna merah di atasnya. Tekstur kue bangkit yang sangat halus dan gampang remuk. Kue bangkit akan lumer di dalam mulut dan mempunyai rasa yang renyah ketika dikunyah. Rasanya yang manis ini menjadi daya tarik bagi anak-anak. Mudah ditemukan di tiap toko oleh oleh.

 

13. Cencaluk

Cencaluk ialah sejenis lauk dalam hidangan tradisional melayu. makanan ini dibuat dari udang halus, cencaluk mengandungi kandungan protein yang tinggi. Saya waktu ke Pekanbaru, sulit menemukan makanan ini. Barangkali ada yang tahu, dimana bisa memperoleh cencaluk ini ?

 

14. Ikan Salai

Ikan Salai adalah ikan basah yang masih segar lalu dikeringkan melalui proses pengasapan. Ikan Salai merupakan salah satu menu makanan yang cukup terkenal terutama bagi masyarakat Riau  yang tinggal di sepanjang sungai-sungai besar yang ada di Riau , salah satunya di Kabupaten Pelalawan. Saya belum penah mencobanya, mungkin nanti kalau ke Pekanbaru lagi.

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s