JADI TOUR GUIDE ( CERITANYA ) DI SINGAPORE

Standar

PENGALAMAN  INDAH  DENGAN STAF

IMG_1317Perjalanan saya  ke Singapura kali ini dalam rangka mengantar staf jalan – jalan, sebagai bonus akhir tahun. Kebetulan yang bisa ikut ada 7 orang,  Bu Dian, Bu Nani, Bu Ayu, Dimas, Ocha, Momo, Koswara, sementara 3 orang lagi terpaksa tidak bisa ikut, Bu Isma sakit, Bisma  mau ujian S2, dan Bu Lilis pas ada acara keluarga yang harus ikut.  Baru Bu Dian dan Bu Ayu yang pernah ke Singapura sekali, itupun dah lama, sisanya belum pernah sama sekali ke luar negeri.  Berhubung ini perjalanan pemula buat mereka, saya pun coba buat  jadwal perjalanan yang sesuai buat mereka, sekalian napak tilas plus jadi tour guide.

Jumat, 7 Februari 2014. Kami berangkat dari bandara Husein Sastranegara dengan Air Asia, jam 6.30. Sampai Changi Airport, sekira jam 9.00 waktu setempat ( waktu Singapore lebih cepat 1 jam ). Tiba di Terminal 1, langsung menuju Imigrasi pakai  train khusus bandara. Sedikit lama di imigrasi, karena Momo kurang lengkap mengisi data’ immigration card’ nya, ada – ada saja. Beres ambil bagasi, kami langsung menuju Stasiun MRT Changi, beli kartu MRT ( EZ Link )  dan naik MRT ke China Town. Untuk MRT dari St. Changi, nanti pas di St.Tanah Merah harus ganti kereta yang ke arah Joo Koon ( line HIjau ), turun di Outram Park ganti line kereta ( line Ungu ) yang ke Punggol ( turun di ChinaTown ). Untuk naik MRT cukup berbekal peta MRT, sebagai acuan utama, hal ini yang saya informasikan ke rombongan. Kami menginap di daerah ChinaTown, di Santa Grand Hotel, yang sengaja saya pilih karena IMG_1320sangat dekat dengan MRT China Town, begitu keluar dari pintu area MRT, lurus terus belok kiri, lebih kurang 200 meter sudah sampai hotel. Buat yang baru pertama ke Singapore, hotel ini cocok sekali, karena berada di daerah yang selalu ramai, di sekitar pusat belanja, toko – toko,  souvenir , restoran, café,  dan keramaian China Town, jadi kalau mau pulang jalan – jalan jam 11 malam pun masih cukup ramai.  Rate Room Santa Grand Hotel, untuk family room ( bisa bertiga )  sekitar 220 SGD per dua malam ( 110 SGD per malam ) dan yang standar room 118 per dua malam. Kamarnya memang kecil ( model Tune Hotel ),  lengkap dengan AC, kamir mandi, TV, Lemari, Air panas plus teh atau coffe, perlengkapan mandi, tapi  no Breakfast. Lumayan bersih, cukup lah buat numpang tidur.

IMG_1346Acara pertama, adalah kunjungan wajib ke patung Merlion. Kami turun di Stasiun MRT. Rafles City St. Untuk kea rah Merlion atau Esplanade keluar di pintu Exit H, belok kanan ke Fullerton Hotel, susur sungai hingga jembatan samping Fullerton Hotel, bisa lewat jembatan atau turun ke kiri via Taman ( biar tidak nyebrang jalan raya ), kurang lebih 50 meter sampai di patung Merlion. Hal yang baru , saya lihat dari dekat patung Merlion sedang dibuat akses jembatan pejalan kaki langsung menuju Esplanade. Puas berfoto ria, dan menikmati es krim aneka rasa, kami lanjutkan perjalanan ke Marina IMG_1335Bay.   Untuk ke Marina Bay, turun di Bayront St. ( Oh ya, karena mereka pemula, saya hanya memperkenalkan satu moda angkutan saja untuk jalan  ke berbagai obyek kunjungan, yaitu MRT, sekalian agar mereka merasakan nikmatnya naik MRT  plus olah raga jalan kaki ).  Keluar St. Marina Bay, sudah berada di Mall Marina Bay, langsung cari makan siang, lumayan juga lokasi food hall nya  di paling ujung, setelah lewat Kasino. Harga makanan sih tetep sekitar 8 – 10 SGD, tapi kurs yang sekarang hampir 9500 rupiah per dolar, jadi asa makin mahal makan di Singapore.  Setelah makan, kami menuju Garden Bay The Bay, langsung obyek wisata yang belum lama dibangun di kawasan Marina Bay.
lokasinya pas pintu  keluar dari Marina Bay Mall, ikuti saja petunjuk arahnya. GBTB merupakan taman raksasa di IMG_1426area seluas 101 Ha,  yang dibangun tahun 2012 tersebut  menjadi habitat bagi lebih dari 250 ribu tanaman langka. Secara keseluruhan, taman ini terdiri atas tiga kebun; Bay South, Bay East, and Bay Central. Bila kita tidak kuat untuk mengelilingi taman yang luas tersebut, disediakan shuttle ride, cukup bayar 2 SGD. Saya mencoba untuk naik ke Supertree, menjajal jembatan skyway OCBC yang menghubungkan beberapa menara pohon buatan super tinggi. Untuk menjajal skyway Supertree, hanya membayar 5 SGD, disini bisa terlihat pemandangan teluk Singapore . Menjelang malam, kami menuju Sentosa Island, melihat Song of The Sea, berhubung sulit mencari tempat sholat, saya sarankan untuk yang cowok sholat gantian di  bangku stasiun MRT, sambil nunggu kereta datang.

IMG_1475Untuk ke Sentosa Island, dari St. Bayfront  ambil  line kuning menuju St. Marina Bay, ganti line merah yg arah Jurong East ( turun di Dhobby Gaut St. ), ganti lagi line ungu arah Harbour IMG_1358Front ( turun di Harbour Front St.). Keluar dari Harbour Front St, langsung tiba di Vivo City Mall, belok kiri  ambil eskalator menuju lantai 3 (tempat gate Sentosa Express monorail ke Sentosa Island ), kecuali mau jalan – jalan dulu di mall. Kami membeli minuman dan roti breadtalk buat bekal nonton pertunjukan Song of The Sea  jam 19.40 ( pertunjukan perdana ). Tiket nonton SOS sebesar 15 SGD, dan tiket monorail sebesar 4 SGD.  MUngkin ini keempat kali saya nonton Sing of The Sea, ceritanya sebenarnya selalu sama, tapi entah mengapa saya selalu tidak bosan ketika melihat pertunjukan sinar laser dan kembang apinya. Rekan – rekan terlihat puas dan takjub melihat SOS untuk pertamakalinya tersebut. Sebelum kembali ke hotel, kami makan malam dulu di Food Court Vivocity.  Teman – teman tampak begitu lelah berjalan seharian, mereka langsung ke hotel untuk istirahat, sementara saya masih belum begitu capai ( maklum tukang jalan ). Akhirnya malam itu, saya putuskan ke Musthofa Center di kawasan Litle India sendirian, sambil cari jaket  olahraga buat IMG_1463Aldin. MUsthofa Center Shopping Center memang buka 24 jam, namun di bagian baju jam 12 malam sudah sepi, dan mulai ditutup. Untung nemu jaket reebook original biru buat anakku, agak murah memang, segera bayar dan pulang. Di bawah dan di luar masih ramai, pulang pun gampang, karena banyak taxi yang berlalu lalang. Pakai taxi dr MUsthofa Center ke hotel Chinatown, hanya 12 SGD.

Esok hari, Sabtu, 8 Februari 2014, yang ibu – ibu inginnya  belanja. Pagi – pagi atau malam kemarin, mereka sudah belanja di sekitar hotel, baru sekedar oleh – oleh katanya. Tujuan pertama, saya bawa ke Musthofa Center  dulu, turun di Farer Park St, keluar di Exit I, lewat dalam Town Mall, keluar mall, tinggal menyeberang jalan sampailah ke Musthafa Center. Benar saja, banyak sekali yang dibeli  mereka, kebanyakan makanan dan coklat. Saking banyak dan beratnya, belanjaan terpaksa harus dititipkan dulu ke tempat penitipan Mustafa Center, nanti pulang dari Bugis diambil lagi. Rute berikutnya adalah daerah Bugis, yaitu Bugis Street dan Bugis Juction. Keluar Bugis St, otomatis ada di BUgis Junction Mega Mall,IMG_1506 langsung isi perut dulu, baru acara bebas belanja. Untuk yang mau ke Bugis Street, beli gift dan souvenir, tinggal ke bagian depan keluar Mall ( Victora Street ),  di seberangnya adalah Bugis Street ( toko toko nya mirip di Chinatown, gift, souvenir, dan jenis barang yang dijual juga sama, harganya pun tidak jauh beda). Saya sendiri lebih suka jalan – jalan di mall,  tidak panas. Kebetulan sekalian mencari pesenan Tehdi dan Kakak ( anakku cewek ) yaitu sepatu, sandal, dan baju dari Ruby Shoes dan Cotton On, setelah tanya penjaga toko, ketemu juga tokonya di lantai 2,  Cotton On Shop, Shop 02-14. Ngeborong akhirnya, karena kata anakku di sini jauh lebih murah sekali harganya.  Sambil nunggu sore tiba, setelah makan siang di Bugis Junction, kami menuju hotel buat simpan belanjaan, siangnya ke Vivocity kembali, katanya penasaran belum menjelajah Sentosa Island, karena kemarin keburu malam. Baru malamnya kami, ke Orchard Road, kunjungan wajib juga bagi pemula, menikmati malam, keramaian, dan berbagai  pertokoan megah di kawasan ini.  Turun di Orchad St, sudah langsung berada di Wisma Atria Mall, pas pintu masuk sebelah kiri ternyata ada juga toko Cotton On, Bu Dian yang mencari parfum pesanan anaknya, langsung hunting parfum.  Barangkali itulah menu standar untuk yang baru pertama kali ke Singapore, yang penting kenal dan hapal dulu, bahkan Dimas saya lihat sudah pede pakai MRT dan jalan sendiri.  Malam ini waktunya istirahat, karena besok jam 7.00 harus sudah check out, terus menuju bandara untuk pulang kampuang.  Alhamdulillah semua gembira dan senang, meski letih juga.( Medmart14 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s